Masuk dan Keluar

Saya mengingat 5 tahun lalu di bulan Agustus 2006. Tanggal 3-5 Agustus 2006 tepatnya. Saya sedang berada di Surabaya dalam rangka bertemu dengan kakak tertua saya yang sedang Kerja Praktek di daerah Jawa Timur. Alasannya karena kemungkinan besar pada saat itu saya akan berangkat ke negeri Cina tanggal 20 Agustus dan bisa jadi tidak bertemu dia dalam jangka waktu beberapa tahun. Tanggal 5 Agustus 2006 malam, saya menunggu di depan komputer dan mencoba masuk ke website hasil SPMB. Saya, yang tanpa persiapan mengikuti SPMB (bukan karena pintar atau sombong tetapi karena setengah hati saya sudah ada di Cina), merasakan ketegangan saat itu. Saya tidak ingin pergi ke Cina sebenarnya. Tapi jika saya tidak mendapat pilihan pertama (Farmasi ITB), kemungkinan besar saya akan melepaskan pilihan kedua saya (FKG UI). Ibu saya tidak setuju saya jadi dokter gigi. Beliau takut saya tidak sabar dan tidak tahan dengan rutinitas monoton pekerjaan seorang dokter gigi. Waktu menunjukkan pukul 00.00 WIB. Ini waktunya website SPMB dapat dibuka dan bisa melihat hasilnya. Kesal sekali karena saat itu saya tidak berhasil masuk ke website karena traffic website tersebut. Tiba-tiba kakak saya memanggil dari atas dan berteriak bahwa ada nomor peserta saya di daftar lolos SPMB tersebut. Senang bukan main tetapi belum selesai. Saya masih harus mengetahui pilihan mana yang diterima. Dengan kebingungan karena semua buku SPMB sudah saya buang, termasuk petunjuk-petunjuknya, akhirnya saya menelepon teman saya untuk mendapat informasi kode fakultas dan universitas. Singkat cerita, saya berhasil mendapatkan pilihan pertama saya di Farmasi ITB. Rasanya luar biasa saat melihat mata ayah saya berkaca-kaca sambil merentangkan tangan memeluk saya. Beliau merupakan almamater Farmasi ITB 1969. Terlihat air mukanya yang bangga. Dan saya juga merasakan hal yang sama. Senyum di wajah saya tak pernah berhenti malam itu.

Hari ini, 5 Oktober 2011, saya berhasil menyelesaikan studi S1 saya di Farmasi ITB. Butuh waktu 5 tahun untuk mencapai titik ini. Rencana saya lulus 4 tahun berantakan di semester terakhir karena kasus di kampus. Saat itu rasanya dunia terbalik-balik. Kegagalan terus menghantui saya. Tapi Tuhan tidak pernah berhenti bekerja. Setelah kegagalan di sidang bulan Juni kemarin, akhirnya saya berhasil lulus di sidang Oktober ini. Bangga? Bukan perasaan itu yang ada. Yang paling terasa adalah rasa lega karena berhasil menunaikan satu kewajiban saya kepada orang tua yang selama ini terbeban secara pikiran karena kelulusan saya yang tertunda 1 tahun itu. Sungguh, saat saya ingin lulus tadi yang ada di pikiran saya hanya orang tua. Jarang sekali saya begitu besar keinginannya membuat mereka lega. Dan kali ini saya bisa berkata pada mereka, “Pa, Ma, anak papa mama udah jadi sarjana..” Ya, 1 kalimat sederhana yang mungkin membuat mereka lega atau bangga. Nama saya sudah ada titel sarjana di belakangnya: Ruri Fitriyanti, S.Farm.

Terimakasih Tuhan, Papa, Mama, Eri Riyanto, Ardi Dwiyanto, Tommy Wibhowo, Maryanne Susanti, Winda Banyuradja, Maria Agustini, Natalia Oetama, Florensia Eterno, Renata Tobing, Angelina Goenawan, teman-teman 2006 yang selalu mendukung, teman-teman 2007 yang menerima saya, kakak-kakak S2 yang mendukung, para dosen yang membimbing (terutama dosen pembimbing saya Dr. Joseph I.Sigit) saya selama ini, karyawan lab yang selalu setia saya repotkan, dan semua yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

7 thoughts on “Masuk dan Keluar

  1. β€œPa, Ma, anak papa mama udah jadi sarjana..” –> waktu habis pengumuman sidang sarjana, gw nelepon Ibu, terus bilang : “Ma, udah lulus” dan yang tadinya ndak mau nangis, jadi centil pake nangis segala (waktu lulus apoteker gak pake adegan emosional begini :)))

    Congrats ya Ru ^^

  2. Gw berkaca-kaca kak wkt nyampein ke nyokap gw. Cm dia agak merusak suasana gt. Hehe. Tp gw lega lah uda ngangkat 1 beban di pikiran mrk πŸ™‚ it felt good

    1. Hehehe.. yah kadang2 emang reaksi orang ndak sesuai dugaan kita. ndak apa2, it’s your feeling that should be considered πŸ˜€

Leave a Reply

